Biografi Adam Malik ”Pelopor Terbentuknya Negara Asean”


    Profil Adam Malik    

Nama : Adam Malik
Lahir : 22 Juli 1917, Kota Pematangsiantar, Indonesia
Meninggal : Bandung, Jawa Barat, 5 September 1984
Makam : Taman Makam Pahlawan Kalibata
Zodiac : Cancer
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Islam



    Biografi Adam Malik    

Untuk mencapai kemerdekaan Indonesia ada banyak sekali jasa-jasa para pahlawan yang menjadikan Indonesia merdeka. Salah satunya adalah adam malik. Adam malik merupakan seorang pejuang kemerdekaan bersama  Bung Karno,Bung Hatta  dan lain sebagainya yang merumuskan teks proklamasi. Adam malik lahir pada tanggal 22 juli tahun 1971 di daerah pematang siantar, sumatera utara. Beliau dikenal sebagai si kancil karena kelincahannya dalam berbagai hal. Orang tua beliau adalah haji abdul malik batubara dan ibunya salamah lubis. Berikut cerita tentang biografi adam malik lebih lanjutnya. 
Beliau pernah ditahan oleh polisi dinas di sipirok pada tahun 1934. Beliau dipenjara selama 2 bulan kurungan penjara. Hal itu dikarenakan larangan mendirikan perkumpulan, pada saat itu membentuk sebuah perkumpulan sangatlah di larang. Pada saat beliau berumur 17 tahun, adam malik sudah menjadi ketua partindo di pematang siantar. Beliau berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu beliau akhirnya hijrah ke Jakarta untuk berjuang dengan pejuang lainnya demi kemerdekaan Indonesia. Dalam beberapa buku biografi adam malik, diceritakan tentang perjalanan hidup adam malik untuk membantu kemerdekaan Indonesia.
Pada tahun 1937 beliau bersama sipahutar, abdul hakim, soemanang, armin pane dan pandu kartawiguna mendirikan kantor berita antara. Dengan didirikannya kantor berita antara mereka memberikan banyak sekali tulisan tentang perlawanan terhadap pemerintahan saat itu. Banyak sekali artikel yang sudah dimuat antara lain pada surat kabar majalah perindo dan juga pelita andalas. Pada saat pemerintahan colonial Belanda, adam malik banyak melakukan gerilya bersama gerakan pemuda lainnya. sebelum dikumandangkannya kemerdekaan republik Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. Jika melihat biografi adam malik, kita akan tahun gerakan apa saja yang beliau lakukan.
Beliau juga menggerakkan seluruh rakyat Indonesia untuk berkumpul di lapangan Ikada, Jakarta. Beliau juga terpilih sebagai wakil dari kelompok muda untuk menjadi ketua komite III nasional Indonesia pusat dan bertugas untuk menyusun pemerintahan. Selain itu beliau juga pernah mendirikan partai murba dan juga partai rakyat. Adam malik juga pernah menjabat sebagai duta besar luar biasa dan bertempat tinggal di polandia dan uni soviet. Pada masa partai komunis Indonesia, adam malik dan roeslan abdulgani dianggap sebagai musuh PKI. Ini juga diceritakan diberbagai versi biografi adam malik.
Pada masa order baru, adam malik berperan sebagai fasilitator dalam perundingan dengan berbagai Negara. Beliau juga mempelopori terbentuknya ASEAN bersama dengan menteri luar negeri seluruh Negara di daerah asia. Asean terbentuk pada tahun 1967. Adam malik juga pernah menjadi wakil presiden republik Indonesia ketiga mengantikan sri sultan hamengkubuono ke IX. Bapak Haji Adam Malik meninggal di kota bandung pada tanggal 5 september tahun 1984. Karena penyakit kanker liver.

    Pendidikan Adam Malik    

  • Hollandsch-Inlandsche School  Pematangsiantar
  • Sekolah Agama Parabek di Bukittinggi

    Karir Adam Malik    

  • Wakil Presiden Republik Indonesia
  • Ketua DPR/MPR
  • Menteri Luar Negeri Indonesia
  • Duta besar luar biasa dan berkuasa penuh untuk Uni Soviet dan Polandia
  • Menko Pelaksana Ekonomi Terpimpin

    Penghargaan Adam Malik    

  • Bintang Mahaputera kl. IV pada tahun 1971
  • Bintang Adhi Perdana kl.II pada tahun 1973
  • Pahlawan Nasional pada tahun 1998
  • Sumber : biografipahlawan.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohsejarah.blogspot.com

Post Comment